Minggu, Oktober 2

Sumbar dan Bali Jajaki Kerjasama Bidang Pariwisata & UMKM

IWOSUMBAR.COM, PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Provinsi Bali mulai menjajaki program kerjasama guna mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya daerah.

Hal ini mengungkap pada pertemuan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang juga akrab disapa Cok Ace di Denpasar, Jum’at (16/9/2022).

Pertemuan turut diikuti Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Barat Nazwir, Kepala Biro Pemerintahan Doni Rahmat Samulo, serta Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat M. Irsyad.

Sedangkan Wagub Bali didampingi oleh Asisten 1 Setdaprov Bali I Gede Dewa Putra, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Ketut Sukra Negara, Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun, Kepala Dinas Koperasi dan UKM I Wayan Eka Dina, serta Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa. Hadir pula kepala Asosiasi Perjalanan Wisata Seluruh Indonesia (ASITA) Sumbar, serta Advisor to Goverment Reletionship Air Asia Capt. Dwiyanto Ambar Hidayat.

Dikesempatan itu Wagub Audy menyampaikan, kolaborasi tengah dijajaki kedua belah pihak tersebut digagas dalam rangka peningkatan efesiensi dan efektifitas pelayanan publik yang salin menguntungkan di masing-masing provinsi.

“Jika kerjasama ini terlaksana, maka akan memberikan impact yang sangat besar terhadap perkembangan kedua daerah khususnya di bidang pariwisata dan usaha kecil menengah,” Kata Wagub pada siaran persnya.

Sementra, Wakil Gubernur Bali, Cok Ace yang juga pernah menjabat sebagai ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali selama 4 periode ini, dikatakan sangat menyambut baik rencana kerjasama dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat. Ia mengatakan kerjasama ini akan segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Pada pertemuan itu Wagub Sumba juga mengundang, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali untuk berkunjung ke Sumatera Barat.

“Jika Wakil Gubernur Sumatera Barat atau pejabat daerah lain berkunjung ke Bali itu sudah biasa, namun jika Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang datang berkunjung ke Sumatera Barat, itu baru luar biasa,” kata Uda Wagub. (mc)