Selasa, Juli 23

Wagub Ajak Milenial Bangun Karakter Entrepreneurship

IWOSUMBAR, PADANG – WAKIL GUBERNUR Sumatera Barat, Dr. Audi Joinaldy, menyoroti ketidaksebandingan antara jumlah lulusan sarjana yang mencapai tiga juta orang setiap tahun dengan pertumbuhan lapangan kerja yang terbatas.

Saat memberikan Kuliah Umum Entrepreneurship di Batam Tourism Polytechnic dan Institut Teknologi Batam pada Sabtu (18/11/2023), Joinaldy mengajak generasi milenial untuk mengembangkan karakter wirausaha.

Dalam menghadapi tantangan ini, Wagub Audy mengusulkan pemerintah membuka peluang wirausaha yang dapat menyerap tenaga kerja.

Ia menekankan pentingnya memahami cara menciptakan lapangan kerja melalui pemanfaatan teknologi yang terus berkembang.

“Indonesia memiliki persentase penduduk wirausaha yang rendah di antara negara-negara ASEAN, hanya 3,47 persen dari total 271 juta penduduk,”.

“Dengan kebutuhan pegawai pemerintahan (PNS) sebanyak 700.000, ada potensi besar untuk generasi milenial menjalankan bisnis mereka sendiri”.

Dalam era 4.0, Joinaldy menekankan kemudahan menciptakan peluang bisnis dan mengajak generasi milenial untuk memanfaatkan teknologi.

“Pentingnya networking dalam dunia wirausaha, yang semakin terfasilitasi oleh media sosial.

Dengan membuka potensi peluang usaha untuk generasi milenial di era 4.0, Wagub Audi Joinaldy percaya bahwa peningkatan lapangan pekerjaan baru akan menjadi dampak positif bagi masyarakat. (**)